Pengertian Etika Secara Global

Pengertian Etika Secara Global.

Etika secara global adalah menyangkut cara dilakukannya suatu perbuatan sekaligus memberi norma dari perbuatan itu sendiri. Misal : Dilarang mengambil barang milik orang lain tanpa izin karena mengambil barang milik orang lain tanpa izin sama artinya dengan mencuri. “Jangan mencuri” merupakan suatu norma etika. Di sini tidak dipersoalkan apakah pencuri tersebut mencuri dengan tangan kanan atau tangan kiri.Etika selalu berlaku, baik kita sedang sendiri atau bersama orang lain. Misal: Larangan mencuri selalu berlaku, baik sedang sendiri atau ada orang lain. Atau barang yang dipinjam selalu harus dikembalikan meskipun si empunya barang sudah lupa. Etika bersifat absolut. “Jangan mencuri”, “Jangan membunuh” merupakan prinsip-prinsip etika yang tidak bisa ditawar-tawar. Etika memandang manusia dari segi dalam. Orang yang etis tidak mungkin bersifat munafik, sebab orang yang bersikap etis pasti orang yang sungguh-sungguh baik.

Etika Bagi Akuntansi & Study Kasus.

Etika bagi akuntansi adalah untuk membantu dalam proses pembuatan keputusan, tahu yang benar dan bukan hanya yang legal. Kode etik diperlukan sebagai pedoman dalam menangani situasi etis secara efektif.

Contoh kasus :

Suatu perusahaan mempunyai masalah yang sangat menyulit kan,yaitu adalah perusahaan yang manejement nya sangat lemah, dan tidak adanya kesadaran karyawna tersebut untuk membenahi masalah tersebut. Maka dari itu seorang pimpinan perusahaan tersebut harus berbuat tegas bagi karyawan tersebut untuk membenahi manajement tersebut dengan baik kembali, dan pimpinan tersebut pun harus memberikan contoh etika yang sangat baik, agar sikap tersebut bisa ditiru bagi bawahan – bawahan nya. Karna etika itu sangt penting atau bisa di pakai di manapun kita berada, dan mungkin etika tersebut mencerminkan diri kita sendiri

Tentang ekoharibudiman

Selalu Tetap Semangat !!!!!!!!!
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s